Sunday, August 14, 2005

[Japan] Monbukagakusho Scholarship Programs in Japanese Studies

Deadline: Akhir Januari setiap tahun

Program ini ditawarkan kepada para mahasiswa/i jurusan Jepang untuk lebih memperdalam bidang-bidang yang berhubungan dengan bahasa, budaya, sastra dan ilmu kejepangan lainnya di salah satu perguruan tinggi Jepang selama 1 (satu) tahun.


Khusus untuk program ini, formulir pendaftaran akan dikirimkan langsung ke masing-masing perguruan tinggi yang memiliki jurusan Jepang.


PERSYARATAN

* Pelamar harus seorang warga negara Indonesia yang sehat jasmani dan rohani.
* Pelamar adalah mahasiswa/i tingkat 3 (tiga) ke atas yang masih aktif kuliah di salah satu perguruan tinggi yang mempelajari bahasa, budaya dan sastra Jepang.

Pengecualian
: Bagi siswa tingkat 1 (satu) dan 2 (dua) yang memiliki kemampuan dan direkomendasikan oleh Perguruan Tinggi mereka, dapat mengikuti program ini.

UMUR

* Pelamar harus berusia di bawah 30 th pada tanggal 1 April tahun keberangkatan.

KEMAMPUAN BAHASA

* Pelamar harus menguasai bahasa Jepang.

DOKUMEN YANG HARUS DIPERSIAPKAN PADA SAAT AKAN MELAMAR

1. Surat Keterangan dari perguruan tinggi yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut. Dalam surat keterangan ini mohon dilengkapi dengan tempat dan tanggal lahir.
2. Surat Rekomendasi dari Ketua Jurusan atau pembimbing akademik mengenai pribadi pelamar. Ditulis dalam bahasa Inggris atau Jepang.
3. Fotokopi Transkrip Nilai mulai semester 1 sampai saat terakhir pendaftaran,dalam bahasa Inggris atau Jepang

Catatan: Seluruh dokumen harus ditulis dalam bahasa Inggris atau Jepang

PROSEDUR PENDAFTARAN dan SELEKSI

Dibuka pada bulan Oktober dan ditutup akhir Januari (masa pendaftaran 3 bulan)

1. Pelamaran dilakukan secara kolektif dengan rekomendasi dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Kedutaan Besar Jepang tidak menerima pendaftaran secara perorangan.
2. Formulir yang telah diisi dan dokumen-dokumen lainnya dapat langsung diserahkan/dikirim ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Formulir yang tidak dilengkapi Surat Keterangan dan Surat Rekomendasi tidak akan diterima.
3. Mereka yang lolos seleksi ujian tertulis akan dipanggil seleksi wawancara. Bagi yang lulus ujian wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.

FASILITAS YANG DIDAPAT

1. Beasiswa yang diberikan penuh dan tanpa ikatan dinas
2. Tiket kelas ekonomi p.p Indonesia (Jakarta) - Jepang
3. Bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah dan matrikulasi
4. Tunjangan kedatangan sebesar ¥ 25.000 diberikan pada saat tiba di Jepang
5. Tunjangan bulanan sebesar ¥ 135.000 per bulan (thn fiskal 2004)
6. Setiap penerima beasiswa akan diikutsertakan dalam asuransi kesehatan nasional Jepang dan program subsidi biaya kesehatan.
7. Peserta disediakan asrama.

CATATAN HARUS DIBACA

* Walaupun seorang pelamar telah direkomendasikan, hal tersebut belum berarti pelamar tersebut otomatis diterima. Seluruh keputusan penerimaan terdapat pada Monbukagakusho. Keputusan ini merupakan keputusan final dan akan dikirim ke Kedutaan Besar Jepang di masing-masing negara dan akan diteruskan kepada pelamar.

Informasi ini diperoleh dari website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Temukan di sini.

No comments: