Saturday, February 05, 2005

[article] Apa itu GMAT?

From: Ruthie

Bila anda termasuk orang yang berkeinginan untukmelanjutkan S2, MBA di luar negeri, maka anda akan diperhadapkan pada dua requirement yang absolutely harus dipenuhi (ini kalau anda memilih sekolah yangbermutu lho): 1. TOEFL dan 2. GMAT, selain persyaratan lain seperti: pengalaman kerja, IP (GPA), surat rekomendasi, surat pernyataan, dll.

TOEFL tentunya anda sudah banyak tahu ya daripada GMAT. Then, what is GMAT? GMAT singkatan dari Graduate Management Admission Test, merupakan test yang digunakan untuk memprediksi kemampuan calon mahasiswa dalam menerima mata kuliah di business course pada semester awal. Jadi dapat dianalogikan bila score GMAT anda rendah maka kemungkinan besar anda akan mengalami kesulitan dalam mengikuti lecture di business class. Nilai GMAT yang tinggi dapat membantu mendongkrak kesempatan anda untuk memperoleh admission. Misal: IP anda tidak begitu tinggi (sedang-sedang saja) maka nilai GMAT yang tinggi sangat bermanfaat, atau pengalaman kerja anda tidak begitu lama maka nilai GMAT yang tinggi dapat membantu anda.

Kalau begitu kalau nilai GMAT saya rendah saya tidak akan bisa masuk Business School dong? Wait a minute? Kita diskusikan soal ini di tulisan yang lain, termasuk gimana caranya meningkatkan nilai GMAT, okay? Kita teruskan, GMAT disponsori oleh GMAC (GraduateManagement Admission Council). Ini adalah organisasi internasional yang beranggotakan 138 graduate schoolsof management (tahun 2000). Sedangkan yang membuat test-nya adalah Educational Testing Service (ETS) -ini lembaga yang sama dengan lembaga yang membuatTOEFL. Jadi kalau ditarik benang merah (kesimpulan maksudnya) ke-138 sekolah itu sudah pasti mensyaratkanGMAT (bener ngga?). Namun ternyata tidak hanya ke-138 sekolah itu saja yang memakai GMAT sebagai syarat tapi hampir 1700 sekolah bisnis di seluruh dunia.

Apa saja yang diuji pada waktu test GMAT?

Ada 3 bagian yang diujikan di GMAT.

1. Analytical Writing.
Test ini seperti test writing di TOEFL, anda diminta mengarang dalam waktu 30 menit, bedanya dengan TOEFL, di GMAT mengarangnya 2 kali, yaitu:

a. Analysis of Argumentation.
Waktu 30 menit, dan materinya, anda diminta berargumentasi menanggapi masalah yang disodorkan padaanda. Jadi anda harus sekritis mungkin, dan secerdik mungkin mematahkan argumentasi di kasus yang diberikan. Tanpa melibatkan perasaan, subjektifitas anda, jadi fakta dan fakta yang ditampilkan.

b. Analysis of Issue
Waktu 30 menit, dan materinya, anda diminta memberikan pandangan mengenai suatu masalah, anda setuju atau tidak dengan masalah tersebut. Sekali lagi anda harus kritis dan sistimatik dalam menjawab (mengenai cara mengarang anda bisa membuka di bookmark beasiswa@yahoogroups.com dan membuka link-link disana).

Tujuan writing test ini? Untuk menguji kemampuan andadalam menanggapi masalah secara kritis danmengeluarkan ide anda (mengkomunikasikan) secara sistematik dalam masalah-masalah yang kompleks.

Nilai berkisar antara 0 ~ 6, sama dengan nilai TOEFL, tapi karena ini ada 2 kali mengarang, so nilainya dirata-rata.

2. Quatitative Section
Ada dua materi di sini yaitu Problem Solving dan DataSuffiency. Isinya pertanyaan matematika dasar mirip dengan UMPTN, waktunya 75 menit dengan soal sebanyak37-an. Kalau anda tidak mengalami kesulitan dengan Matematika Dasar di UMPTN maka anda sudah punya bekal cukup, YAKINLAH. Tinggal poles dikit, ½ bulan belajar, it's okay. Tapi kalau anda agak kesulitan dengan Matematika Dasar UMPTN, yah… agak ngoyo sedikit-lahbuat belajar.

Test ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematika dasar dan pengertian dasar yang digunakan untuk memaparkan kemungkinan-kemungkinan secara kuantitatif. Score berkisar antara 0 ~ 60.

3. Verbal Section
Ada 3 materi di test ini yaitu Reading Comprehenssion, Critical Reasoning dan Sentence Correction. Isinya; yang pertama, mirip dengan reading di TOEFL, waktunya74 menit dengan soal sebanyak 47-an. Yang kedua, agak lain yaitu menganalisa argumentasi atau fakta lalu memilih jawaban mana yang dapat mengalahkan/mendukung argumen tersebut. Yang ketiga, yah.. mirip mengkoreksi kalimat di TOEFL, cuman bentuknya agak beda, kalimat yang dikoreksi biasanya lebih panjang.

Buat apa sih test ini? Test ini dibuat untukmenge-test anda dalam memahami dan mengevaluasi apa yang dibaca, dan kemampuan dalam mengenali persyaratan-persyaratan dasar tulisan dengan tata bahasa Inggris. Jadi sekolah di MBA diharapkan bisa menyampaikan ide-ide dengan memakai bahasa yang sistematik dan benar. (Seperti berbahasa Indonesia yang baik dan benar, begitulah! Cuman ini pakai bahasaInggris). Score berkisar antara 0 ~ 60.

Dari pengkonversian total nilai Quantitative danVerbal inilah didapat TOTAL SCORE GMAT. TOTAL SCORE GMAT berkisar antara 0 ~ 800 dan biasanya sekolah-sekolah MBA mensyaratkan nilai diatas 500 atau550, tapi kalau mau lancar ya.. usahakanlah diatas 600. Sebagai informasi sekolah macam Harvard University, GMAT score-nya sekitar 700-an. (Bisa dilihat di http://www.businessweek.com)

Berapa lama GMAT score bisa diterima sebagaipersyaratan?Kalau TOEFL valid sampai 2 tahun, maka GMAT selama 3 tahun. Tapi yang beda dengan TOEFL adalah: jika TOEFL test terakhir yang dipakai dalam report test, tapi kalauGMAT bila anda test sebanyak 2, 3, 4, dst. Maka nilai3 test yang terakhir akan dicantumkan dalam report test anda. Wah.. kalau begitu ngga enak dong kalau nilai pertama jelek? Memang sih (seperti yang saya alami hehe..), tapi jangan takut, mereka yang menganalisa persyaratan anda di MBA admission juga mempertimbangkan tingkat pengetahuan dan pola pikir anda yang berkembang. So, tenang saja.

Dimana test GMAT di Indonesia?

Cuman ada satu diIndonesia yaitu di:
International Education Foundation
Menara Imperium lantai 28
Jl, Rasuna Said Kav. 1
Jakarta
Phone: 021-831-7304/5
Fax: 021-831-7306

Berapa biayanya?
Sekarang ini biayanya US$190, tergantung nilai tukar rupiah tentunya soal mahal tidaknya.

Gimana mendaftar test dan kapan? Nah, begini anda bisa datang ke IEF (Menara Imperium), terus minta brosur di sana, mengisi formulir pendaftaran di brosur itu dan anda akan mendapat surat konfirmasi untuk ditunjukkan pada hari-H test tersebut. Bila sibuk, bisa mendaftar lewat telpon, nanti ditanya nama (sesuai KTP), alamat, no. KTP/SIM, dan bayar pakai kredit card.

Test diadakan tiap hari jam 09.00~13.00. Kalau mau test hari Sabtu, bisa booking jauh-jauh hari karena hanya 1 kali dalam sebulan biasanya minggu ke-2, jam 09.00~13.00.

Material apa yang bisa dipakai untuk belajar? Ada GMAT dari Barron. Buku ini bagus dan cukup detail dalam menjelaskan materi test, dan apa yang dipelajari. Tapi buku ini lemah dalam soal-soal (ngga up-to-date).

Ada GMAT dari Powerprep. Buku ini bagus di soal-soalnya (karena diambil dari soal-soal GMAT yang dulu) tapi lemah dalam pembahasan soal atau materi pelajarannya. CD GMAT-nya cukup memberi gambaran bagaimana bentuk test-nya. Cuman mahal sekitar US$ 30-an. Ada GMAT dan CD GMAT dari Peterson (bisa dibeli di IEF juga atau toko buku kadang ada juga). Buku ini bagus dalam memberi trik di Writing, di section lain hampir semuanya lemah. CD-nya ngga mirip dengan test aslinya. Lumayan harganya US$ 20-an. Dan material yang lain baik original maupun bajakan(hehe..) di Mangga Dua. No comment, kalau yang bajakan (commentnya: murah).

Klik di sini untuk buku2 GMAT lainnya.

Semoga membantu.

No comments: