Thursday, February 17, 2005

[Tips] Menaikkan Nilai TOEFL


From: Muryadi Lou

Saya akan men-share beberapa tips untuk membosting nilai TOEFL, ini saya dapatkan dari pengalaman saya.

1. Listening
Untuk listening bisa dikatakan gampang-gampang susah, inti dari listening ini adalah menangkap makna dari pembicaraan. Untuk melatihnya, anda dapat mendengar lagu-lagu berbahasa inggris, nonton berita (bagi yang ada parabola atau langganan TV) seperti CNN, BBC ataupun mendengarkan radio berbahasa inggris seperti BBC (khusus di Jakarta ada satu radio FM yang menyiarkan berita ini saya lupa frekuensinya, sektiar 90…).

Short Conversation
Kebanyakan jawabannya bisa didapatkan dari akhir pembicaraan. Ingat, dalam semua jenis conversation anda tidak perlu mengerti semua kata yang diucapkan, tetapi intinya/konteks pembicaraan. Anda harus mendengar intonasi atau penekanan dalam ucapannya.

Long Conversation
Anda harus konstentrasi penuh. Ingat, kronologis kejadiannya, tidak perlu detail.

2. Structure

Structure termasuk section yang “agak” gampang, intinya sewaktu ada pertanyaan, anda jangan
membacanya, tapi seolah mendengarnya, jadi dibaca sambil diresapi, bagi anda-anda yang sering membaca literatur dalam bahasa inggris akan dengan gampang menangkap kejanggalan dalam kalimat, bagi yang jarang baca literatur, Anda dapat menebak dari pilihan yang
salah anda buang dan sisakan yang anda “rasa” benar.

Ingat, baca keseluruhan kalimat.

Untuk latihannya anda dapat baca buku-bukunya di toko buku seperti Gramedia atau Gunung Agung. Disana terdapat buku khusus structure-nya Barron. Saya sarankan untuk tidak membelinya, karena hanya butuh 2 jam anda sudah dapat melahap seluruh isi buku, kalau
tidak datang lagi lain waktu. Ingat dalam structure anda hanya butuh latihan yang berulang-ulang.


3. Reading

Reading termasuk section yang “paling” gampang, hanya saja melelahkan karena panjanggg sekali bahan bacaannya. Begitu testnya dimulai anda langsung klik PROCEED tanpa membaca seluruh isinya, setelah itu baru anda baca kalimat awal dari masing-masing paragraf, dari sini anda sudah dapat mengerti inti dari bacaannya, nah, dari sini anda dapat menjawab inferred, best title. Sedangkan untuk mencari makna yang terdekat (closest meaning), anda dapat membaca dari kata sebelumnya.

Untuk latihannya sering-seringlah baca literatur dalam bahasa Inggris, anda dapat melatih dengan membaca di perpustakaan atau ditoko buku (QB World, Gramedia, Gunung Agung), atau British Council.

4. Writing

Untuk writing, bagi yang mahir dan lancar mengetik, dapat mengetik dengan cepat writing nya dalam bahasa indonesia dahulu, baru diterjemahkan ke inggris. Hal ini lebih mudah dari pada langsung mengetik dalam bahasa inggris. Tapi ingat, anda harus berlatih dahulu, dengan waktu kurang dari 8 menit, anda sudah harus selesai mengetik essaynya dalam bahasa Indonesia, jika lebih dari itu anda tidak akan punya waktu untuk menyelesaikannya.

Setelah anda selesai menerjemahkan, anda baca kembali kalimat anda, lihat connector. Ingat dalam bahasa Inggris harus ada subject dan verb, jika lebih dari satu clause, anda butuh connector. Ingat juga tata bahasa dalam menulis, setiap habis kalimat diakhiri dengan titik, awal kalimat dengan huruf besar, nama orang, tempat huruf besar.

Untuk buku-bukunya, saya rasa yang paling bagus adalah Longman, karena disitu lebih ditekankan cara memprediksi jawaban daripada buku Barron yang lebih banyak ke teori-teori. Sedangkan untuk buku TOEFL yang berbahasa indonesia sebaiknya tidak dibeli karena sangat tidak berbobot lebih baik dibaca-baca di toko buku saja.

Sedangkan untuk membiasakan diri dengan computer assesment, coba anda beli CD-CD bajakan yang banyak beredar di jakarta seperti di Mangga dua, isinya antara lain Longman Preparation CD, Kaplan, Cambridge. Pada CD longman terdapat satu menu dimana kita dapat mengambil test penuh dan hasilnya dalam perkiraan, nah…sebelum test yang beneran coba dulu test beginia, jadi anda akan tahu kemampuan anda sampai mana, oke..

No comments: